Pepes Ikan dan Resep Cara Membuat Pepes Ikan

Pepes Ikan Makanan Untuk Sehat - Pepes berasal dari daerah Jawa Barat. Hal ini terkait erat dengan alam parahyangan yang subur dan banyak ditumbuhi berbagai tanaman. Salah satunya adalah pohon pisang. Daun pisang inilah yang kemungkinan dimanfaatkan para ibu atau juru masak zaman dulu untuk membungkus makanan, sehingga lebih awet dan indah dipandang mata. Hidangan tradisional khas tanah Pasundan itu kini semakin populer dan mudah ditemukan di seluruh Tanah Air.

Pepes Ikan

   Pepes Ikan atau pais dalam bahasa Sunda, merupakan suatu cara mengolah bahan makanan dengan bantuan daun pisang sebagai pembungkusnya. Bahan yang akan dibungkus, terlebih dahulu dicampur dengan bumbu. Penggunaan daun pisang sebagai pembungkus ikan yang akan di pepes, ternyata banyak diminati masyarakat. Pembukusan dengan daun pisang akan meningkatkan aroma pepes yang dihasilkan. Hal inilah yang kemudian menjadi ciri khas makanan yang dipepes, yaitu aroma daun pisang yang dikukus dan atau dibakar.

Jenis-jenis Pepes :

   Pepes merupakan makanan tradisional Sunda ini memiliki jenis yang beragam . Ada banyak variasi resep pepes dari bahan juga bumbu pepesnya. Pepes Ikan emas adalah jenis adalah jenis pepes yang paling populer. Selain ikan emas, bahan yang juga sering dipepes adalah :
  • Udang
  • Cumi
  • Ikan Asin
  • Ikan Teri
  • Ikan Basah
  • Jamur
  • Tahu
  • Tempe
Agar pepes semakin lezat, kuncinya terletak pada resapan bumbunya.

"Pepes yang merupakan masakan tradisional Sunda ini memiliki jenis yang beragam. Ada banyak variasi resep bahan dan bumbunya. Pepes ikan emas adalah jenis pepes yang paling populer."

 Tips Membuat Pepes

   Bumbu merupakan komponen yang sangat penting dalam membuat pepes.
Ada dua jenis bumbu yang biasa dipakai untuk pepes, yaitu :
  1. Bumbu iris yang terdiri dari irisan cabai, bawang merah, tomat, daun salam, dan serai. Ke dalam bumbu ini bisa juga ditambahkan cabai rawit utuh, daun bawang, dan kemangi. Bumbu ini cocok untuk pepes ikan asin peda, pepes tahu atau pepes jamur.
  2. Bumbu halus yang dapat dibedakan menjadi bumbu putih dan bumbu kuning. Bumbu halus putih terdiri atas bawang merah, bawang putih, dan kemiri yang dihaluskan, kemudian ditambah irisan daun salam dan serai. Sedangkan bumbu kuning hanya ditambahkan kunyit yang dihaluskan. Bumbu halus bisa dicampurkan dengan bahan pepes atau ditumis.
   Agar tulang ayam dan duri lunak, seidikit ragi instan ditambahkan pada bumbu sebelum dikukus, lalu didiamkan satu jam. Pepesan ini dikukus di atas api kecil agar bumbu lebih meresap dan tulang atau durinya tambah lunak.
    Setelah dikukus, umumnya pepes berkurang rasa asinnya. Untuk itu, ditambahkan beberapa sendok garam dalam air kukusan.
   Kepala dan isi perut ikan teri basah dibuang agar rasa pepes lebih enak dan lebih tahan lama.

Kandungan Gizi Beberapa Jenis Pepes.

Kandungan Gizi pada Pepes
Cukup sekian pembahasan pada artikel saya tentang Pepes Ikan Makanan Untuk Sehat ini, semoga bermanfaat untuk kalian yang membaca artikel ini :)

Baca juga informasi menjaga kesehatan tubuh di > Menjaga Kesehatan Tubuh Yang Baik

0 Response to "Pepes Ikan dan Resep Cara Membuat Pepes Ikan"

Post a Comment