Tempe Gembus dan Resep Cara Membuat Tempe Gembus

Tempe Gembus dan Resep Cara Membuat Tempe - Tempe adalah makanan yang dibuat dari hasil fermentasi biji kedelai atau beberapa bahan lain dengan menggunakan beberapa jenis kapang Rhizopus, seperti Rhizopus, R. oryzae, R. stolonifer (kapang roti), atau R. Tempe kaya akan serat pangan, kalsium, vitamin B , dan zat besi. Berbagai macam kandungan dalam tempe mempunyai nilai obat, seperti antibiotika untuk menyembuhkan infeksi, dan antioksidan pencegah penyakit
degeneratif.

Tempe Gembus

 Apa itu Tempe Gembus ?

   Tempe gembus adalah salah satu jenis tempe yang terbuat dari ampas tahu. Ampas tahu merupakan limbah padat dari proses pembuatan tahu. Walaupun berupa limbah, ampas tahu masih kaya akan minyak, sehingga mempunyai rasa gurih. Kandungan zat gizi lainnya pun masih lumayan.
"Tempe sebagai makanan tradisional berpeluang dan berpotensi untuk digunakan melawan radikan bebas sehingga dapat menghambat proses penuaan dan mencegah terjadinya penyakit degeneratif (aterosklerosis, jantung koroner, diabetes mellits, kanker, dan lain-lain"

Resep Cara Membuat Tempe Gembus

   Tempe Gembus dibuat dengan menggunakan bahan dasar ampas tahu. Secara singkat proses pembuatan tahu diawali dengan penggilingan kedelai dan kemudian dilakukan pemasakan kedelai giling yang telah ditambahkan air. Saat proses pemasakan sari kedelai ini, terjadi pelarutan komponen-komponen gizi, khususnya protein. Proses berikutnya adalah penyaringan sari kedelai dengan menggunakan untuk menggumpalkan protein pada sari tersebut. Gumpalan protein tersebutlah yang dinamakan tahu.

   Ampas yang tertinggal pada kain saring selanjutnya diperes untuk menurunkan kandungan airnya. Ampas inilah yang merupakan bahan dasar tempe gembus. Pada pembuatan tempe gembus, ampas hasil pengepresan diurai atau disebar terlebih dahulu, selanjutnya dikukus dengan air mendidih selama 10-15 menit. Pemanasan ini ditujukan untuk mengurangi jumlah mikroorganisme kontaminan yang terdapat pada bahan dasar agar proses fermentasi dapat b erlangsung dengan baik. Setelah pengukusan, ampas disebar dalam tampah, sekaligus untuk menurunkan suhu sampai mendekati suhu ruang ( 35 derajat celcius) dilanjutkan dengan inokulasi dengan ragi tempe, dan pengemasan.

Kandungan Gizi Tempe Gembus

Kandungan Gizi Tempe Gembus

Baiklah, sampai disini dahulu pembahasanan saya pada artikel Tempe Gembus dan Resep Cara Membuat Tempe Gembus ini, terimakasih sudah berkunjung dan membaca, semoga bermanfaat :)

3 Responses to "Tempe Gembus dan Resep Cara Membuat Tempe Gembus"

  1. Mantep gan buat belajar masak di rumah :D

    ReplyDelete
  2. Silahkan gan di ikuti tutorial nya :D

    ReplyDelete
  3. Terimakasih banyak informasinya. Mampir ke website Jasa Digital Marketing semoga bisa saling bertukar informasi

    ReplyDelete