Gado-gado dan Resep Cara Membuat Gado-gado

Gado-gado Makanan Sehat dan Bergizi -  Pernahkah kalian mencicipi Gado-gado ? Jika pernah atau bahkan sering, berarti Anda telah menerapkan konsep penganekaragaman konsumsi pangan. Imbalannya adalah kalian telah memperoleh zat gizi yang lengkap dan variatif, suatu modal dasar untuk hidup sehat dan produktif.
Gado-gado

   Jika belum pernah mencicipi atau hanya sekadar mengetahui atau pernah mendengan namanya, maka kalian disarankan untuk sesegera mungkin mencobanya. Seperti kata pepatah "tak kenal maka tak sayang" hahaha, maka kalian pun belum tentu tidak menyukainya. Boleh jadi, sekali mencoba akhirnya ketagihan dan menjadikannya sebagai suatu budaya makan dalam kehidupan sehari-hari. Kalau itu terjadi, berarti kalian telah turut melestarikan suatu kebudayaan nan agung dari para leluhur kita.
"Masyarakat Perkotaan saat ini, sangat memperhatikan gizi dan olahraga dalam upayanya untuk hidup yang sehat dan bugar."
   Supaya pembaca lebih menyadari betapa berartinya kehadiran makanan-makanan tradisional seperti Membuat Makanan Sehat Seperti Gado-gado, maka kita bahas tentang gado-gado.

Sarat Zat Gizi Mikro

   Berdasarkan bagian yang dapat dimakan, sayuran dikelompokkan menjadi lima jenis, yaitu :
  1. Sayuran Umbi (Wortel, bit, lobak, kentang, bawang)
  2. Sayuran Buah ( cabai, tomat, mentimun, terong, labu siam, pare)
  3. Sayuran Polong (buncis, kacang panjang, kecipir)
  4. Sayuran Daun (bayam, katuk, daun singkong, sawi)
  5. Sayuran Bunga (kembang kol, kembang turi)
   Mengkonsumsi Sayuran  merupakan hal yang harus dilakukan bila kita ingin hidup sehat . Kondisi tubuh yang bugar dan awet muda, dapat dicapai dengan mengkonsumsi sayuran secara teratur dalam porsi yang cukup. Penyebabnya karena sayuran merupakan pabrik bagi zat gizi mikro, yaitu vitamin dan mineral. Selain itu , sayuran juga merupakan gudangnya antioksidan dan serat pangan. Semua zat-zat tersebut sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tubuh agar tetap prima.

   Vitamin yang terdapat pada sayuran adalah vitaman C dan vitamin B kompleks. Beberapa sayuran juga merupakan sumber bagi vitamin A, D , dan E. Karotenoid (prekursor vitamin A) vitamin C, dan vitamin E merupakan antioksidan alami yang sangat berguna untuk melawan serangan radikal bebeas, penyebab penuaan dini dan berbagai penyakit kanker  . Mineral yang banyak terdapat pada sayuran adalah zat besi, seng, mangan, kalsium, dan fosfor.

Kiat-kiat Untuk Meminimalkan Kerusakan Zat Gizi:

  1. Pengupasan (kentang dan wortel) sebaiknya dilakukan seminimal mungkin, agar tidak terlalu banyak menghilangkan zat gizi yang justru banyak terdapat di bagian dekat kulit.
  2. Pencucian sebaiknya dilakukan sebelum sayuran dipotong-potong, agar tidak banyak zat gizi yang ikut terlarut dalam air pencuci.
  3. Pemotongan sebaiknya dilakukan dengan ukuran agak besar. Semakin kecil ukuran bahan, maka semakin banyak vitamin dan mineral yang terlarut saat dicuci
  4. Pemasakan dilakukan dengan sesedikit mungkin air. Semakin banyak air yang digunakan, maka semakin banyak vitamin dan mineral yang larut selama proses pemasakan.
  5. Memasukan sayuran ke dalam panci sebaiknya dilakukan jika air telah mendidih, untuk memperpendek waktu kontak dengan panas.
  6. Biarkan panci terbuka selama proses perebusan berlangsung agar asam-asam menguap sehingga sayuran tetap berwarna hijau, tidak kecokelatan. 

Cara Membuat Gado-gado :

  1. Sayuran dipotong-potong dan direbus atau dikukus
  2. Tahu, Tempe, kentang dapat digoreng dan dipotong-potong
  3. Kacang tanah disangrai lalu digiling bersama komponen bumbu lainnya 
  4. Penyajian dilakukan dengan menyusun sayuran, tahu , tempe, dan telur rebus, kemudian disiram dengan bumbu. Tahu, tempe, udang atau telur rebus dicampurkan ke gado-gado untuk meningkatkan nilai protein. Agar gado-gado memiliki nilai gizi yang lengkap, ke dalamnya dapat ditambahkan irisan lontong yang merupakan submer karbohidrat. Supaya lebih enak dimakan, gado-gado sering disajikan bersama-sama dengan kerupuk atau emping melinjo.

 Berikut Zat Gizi pada Gado-gado


Zat Gizi pada Gado-gado

Nah, cukup sekian dari saya tentang pembahasan artikel Gado-gado Makanan Sehat dan Bergizi ini, semoga bermanfaat untuk kalian yang membaca .

0 Response to "Gado-gado dan Resep Cara Membuat Gado-gado"

Post a Comment